BAB 3

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1.      Objek Penelitian
Penelitian ini dilakukan di PT. Suka Jaya Makmur Ketapang yang beralamat Jl. Sukabangun, Ketapang. Objek dalam penelitian ini adalah mesin-mesin produksi playwood di PT. Suka Jaya Makmur. Mesin-mesin itu meliputi mesin Log Cutting, Rotary Lathe, Roll Dryer, Continous Dryer, Core Builder, Glue Mixer, Glue Spreader, Cold Press, Hot Press, Double Saw, Size Sander. tetapi di PT. Suka Jaya Makmur hanya menggunakan alat produksi setengah jadi hanya sampai dryer sisanya dikirim ke PT. Alas Kusuma Group, Kumpai Pontianak dilanjutkan lagi di proses hingga hasil akhir di mesin size sender.
3.2.      Jenis-Jenis Data
Data-data yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitianini terdiri dari data primer dan data sekunder yaitu :
1.             Data Primer
Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subyek penelitianmenggunakan alat pengukuran atau alat pengambilan data langsung pada subyek.
2.             Data Sekunder
Data sekunder adalah yang diperoleh secara tidak langsung untuk mendapatkan informasi (keterangan) dari objek yang diteliti.
3.3.       Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data yang diperlukan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1) Wawancara
2) Observasi
3) Studi Pustaka
4) Studi Dokumen


3.4.       Variabel Penelitian
Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah:
1) Data lamanya downtime mesin-mesin di stasiun mesin playwood
2) Data interval waktu pemesanan spare parts di stasiun mesin playwood
3) Data waktu penggantian spare partsmesin di stasiun mesin playwood
3.5.       Diagram Alir Penelitian
Diagram alir penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah  yang merupakan urutan tahapan penelitian yang akan dilakukan. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan dapat dilihat pada gambar 3.1.
Gambar 3.1 Diagram Alir Penelitian

Gambar 3.2 Diagram Alir Penelitian Lanjutan

Berdasarkan gambar 3.2 ditunjukkan diagram alir penelitian. Tahapan-tahapan penelitian yang dilalui dimulai dari observasi sampai dengan kesimpulan dan saran. Penjelasan diagram alir penelitian gambar 3.2 adalah sebagai berikut :
3.5.1.      Obeservasi
Mengetahui latar belakang perusahaan, pengenalan tentang perusahaan.
3.5.2.      Study Literatur
Study lapangan mengetahui kesalahan atau masalah yang mengakibatkan perusahaan mempunyai kendala dalam proses produksi.
3.5.3.      Perumusan Masalah
Identifikasi masalah merupakan langkah untuk mengetahui lebih detail tentang ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti. Dalam identifikasi masalah, kita dapat mengetahui jenis masalah tersebut dan mengetahui penyebab dari masalah tersebut.
3.5.4.      Penentuan Tujuan Penelitian
Setelah mengetahui masalah yang akan di angkat dalam perusahaan ini maka,peneliti akan menentukan tujuan penelitian agar memudahkan dalammelakukan pengambilan data.
3.5.6.      Pengumpulan Data
Pengumpulan data penelitian ini adalah:
a.       Wawancara, khususnya pada bagian produksi, maintenance, dan bagian pengadaan spare parts.
b.      Dokumentasi, yaitu meliputi  pengumpulan data meliputi data jumlah kerusakan, data kebutuhan spare parts, data lead time, data total cost yang dibutuhkan, dan data harga spare parts.
3.5.7.      Pengolahan Data
Pengolahan data awal hanya bersifat pengelompokan data data spare parts per mesin, dan harga dari spare parts tersebut.
3.5.8.      Pengumpulan Data
Jika data dariperusahaankurang makadilakukan lagi pengumpulan data, baik itu berupa wawancara maupun berupa data kuantitatif
Berdasarkan gambar 3.2 ditunjukkan diagram alir penelitian Lanjutan. Tahapan - tahapan penelitian yang dilalui dimulai dari penelitian lanjutan dengan pengolahan data sampai dengan kesimpulan dan saran. Penjelasan diagram alir penelitian Lanjutaan gambar 3.2 adalah sebagai berikut :
3.5.9.      Penelitian Lanjutan
Penelitian lanjutan adalah pengajuan atau kerangka pengerjaan untuk menyelesaikan masalah yang ada pada perusahaan
3.5.10.       Metode Inventory Probabilistic
Pengujian Pendekatan Sistem Inventory Probabilistic Analisis ini dilakukan ketika data yang ada sudah berdistribusi poisson. Dalam langkah ini, kita dapat mengetahui perhitungan dasar dengan menggunakan pendekatan sistem inventory probabilistic dan mengetahui bahwa data sudah sesuai dengan kriteria perhitungan dengan pendekatan tersebut.
3.5.11.       Perhitungan Continous Review Method
Langkah ini akan menghasilkan didapatkan dari kerugian ketika mesin rusak karena kekurangan spare parts di gudang. Perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan excel atau secara manual dengan rumus yang sudah ada.
3.5.12.       Perhitungan Periodic Review Method
Langkah ini akan menghasilkan didapatkan dari kerugian ketika mesin rusak karena kekurangan spare parts di gudang. Perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan excel atau secara manual dengan rumus yang sudah ada.
3.5.13.       Hasil Perbandingan
Hasil pengolahan data yang dibahas pada tahap ini antara lain adalah quantity pemesanan, reorder point yang efisien, safety stock, lot pemesanan, lead time pemesanan, total cost, stock level dan service level spare parts. Rekomendasi perbaikan untuk pemesanan selanjutnya dengan tabel dan penjelasan dari setiap spare parts yang diteliti. Tabel rekomendasi ini terdiri dari quantity order, backorder point, stockout cost, service level, stock level, dan total cost, yang efisien.
3.5.14.       Analisa Data
Menganalisa data hasil perhitungan apakah sudah benar
3.5.15.       Kesimpulan dan Saran
Tahapan terakhir yang akan dilakukan adalah penarikan kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab tujuan dari penelitian.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Praktikum Modul 2

BAB 2