Tugas Psikologi Industri Tentang WOMM
TUGAS
PSIKOLOGI INDUSTRI
(TIN-307)
Pemasaran Toko Buku Gramedia
Menggunakan
Strategi Word Of Mouth (WOM)

Dikerjakan oleh :
TENGKU YUNIARTIRISDARTININGSIH
(D04111023)
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
2013
Pemasaran dari
mulut ke mulut atau istilahnya word of mouth marketing (WOMM) mulai
dilirik setelah krisis menerpa dunia perekonomian. Metode ini dinilai menjadi
cara ampuh dalam memasarkan produk dan jasa.
Semakin
besarnya peran WOMM bagi dunia pemasaran membuat Majalah SWA dan onbee
Marketing Research yang adalah bagian dari Octovate Consulting Group mengambil
inisiatif melakukan survei untuk mengukur tingkat WOMM berbagai kategori
produk.
"Penilitian
ini lebih ingin mengidentifikasi apa yang dibicarakan dan dipromosikan konsumen
Indonesia," kata pakar pemasaran Octovate Consulting Group Sumardy saat
penganugerahan WOMM Award di Jakarta, Kamis (16/4).
Menurut
Sumardy, metodologi penelitian World of Mouth Marketing (WOMM), didasarkan pada
konsep TAPS yang tersusun atas 4 konstruksi yaitu talking (tingkat merek tersebut dibicarakan oleh konsumen) , promoting (tingkat merek tersebut dijual atau direkomendasikan oleh
komsumen), dan selling (tingkat merek tersebut dijual atau direkomendasikan oleh komsumen)
dan social network (jaringan sosial yang dimiliki konsumen). 4 konstruksi ini dipakai
untuk mensurvei 105 kategori produk.
Lebih lanjut
Sumardy mengatakan untuk survei ini melibatkan 1.850 responden, di mana 1.000 random sampling dan 850 booster sampling. Responden
tersebut tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar . Usia
responden 15-55 tahun dengan tingkat sosial ekonomi dari A sampai E.
Toko Buku Gramedia Raih Penghargaan
Womma 2009
Salah satu peraih WOMM Award adalah Toko Buku Gramedia yang mengalahkan
Toko Gunung Agung dan Toga Mas untuk kategori Toko Buku dan Alat Tulis. Hasil
survey menunjukkan Toko Buku Gramedia mendapat nilai tertinggi untuk talking , promoting, selling, WOM, dan social network (paling banyak memiliki
jaringan). Sedangkan, kelompok Kompas Gramedia lainnya yang mendapat
penghargaan adalah Kompas.com yang berada di posisi kedua untuk kategori Portal
Berita.
Jaringan
Toko Buku Gramedia, yang berada di bawah Kelompok Kompas Gramedia (KKG), meraih
penghargaan Word of Mouth Marketing Award (Womma) 2009 dari SWA Network, Kamis
(16/4) di Jakarta.
Penggagas
Word of Mouth Marketing, Sumardi dari SWA Network, mengatakan, Toko Buku
Gramedia dianugerahi penghargaan karena para konsumennya dinilai turut membantu
mempromosikan Gramedia ke orang lain (mouth to mouth). Hal
ini didasarkan survei terhadap 2.000 responden yang tersebar di Medan,
Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan
Makassar. Selain Toko Buku Gramedia, terdapat 104 merek lainnya yang meraih
penghargaan serupa, seperti Bango, Promax, hingga Ponds.
Direktur
Utama Toko Buku Gramedia Petrus Waworuntu mengatakan, penghargaan tersebut
memacu jajaran manajemen untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan
terhadap konsumen. Petrus menambahkan, jaringan toko buku yang sempat masuk ke
dalam Top Ten Asia Pacific Bookstores tersebut mengalami pertumbuhan yang
menyenangkan tahun lalu. "Hal ini menandakan bahwa masyarakat semakin haus
akan informasi dan pengetahuan," ujarnya.
Tahun
ini, Toko Buku Gramedia, yang salah satu outlet-nya di Jalan Matraman,
Jakarta, merupakan yang terbesar di Asia Tenggara, berencana membuka tiga outlet di Malaysia. Satu di antaranya akan
dibuka akhir bulan ini di Kuala Lumpur. Dua lainnya akan dibuka di Penang dan
Syah Alam dalam waktu dekat.
Sementara
itu, untuk di dalam negeri, Petrus mengatakan, manajemen berencana membuka
delapan outlet baru di Indonesia, mulai dari Aceh,
Batam, Jakarta, Surabaya, hingga Gorontalo. Dengan demikian, hingga akhir tahun
ini Toko Buku Gramedia akan memiliki 100 outlet.
Merit Casino: Review by xn--o80b910a26eepc81il5g.online
BalasHapusFind out how to join 샌즈카지노 the Merit Casino 메리트 카지노 쿠폰 today. Discover the full experience of the online casino, the latest 인카지노 promotions, and much more.